Rabu, 09 September 2009

Tempat Terbasah Dan Terkering Di Dunia

Dimanakah tempat terkering dan terbasah?
Jika saya ditanya demikian, biasa mainstream saya menunjuk gurun untuk tempat terkering dan sebuh samudera untuk tempat terbasah. Bener ga? Pasti kebanyakan temen2 juga berfikir sama. Karena mainstream setiap orang rata-rata sama. Artinya satu pikiran kita, hee... namun hasil referensi dari data yang diambil dari new york public library menyatakan tempat yang lebih spesifik terbasah dan tempat terkering pada masing-masing benua. Penasarankah? Kalo gitu nie liat aja langsung data spesifiknya.

Juli 22, 2009 oleh jaller 

Setelah sebelumnya saya menulis tentang suhu terpanas dan suhu terdingin di tiap benua, maka sekarang saatnya saya menuliskan tentang tempat terbasah dan terkering di tiap benua. Seperti halnya suhu, hal ini penting untuk diketahui sebagai penambah wawasan. Bagi yang udah tau sih gapapa, bagi yang belum tau bisa buat tambahan. Ilmu dan pengetahuan memang harus disebarluaskan. Tak lupa saya akan dan selalu mencari ilmu atau pengetahuan yang belum saya ketahui. Berikut daftarnya:

1. Australia
Kota terbasah, dengan curah hujan tertinggi adalah di Madang, Papua New Guinea yang rata-rata 3.344 mm per tahun. Sementara kota terkering adalah di Mulka(Troudaninna) Australia dengan curah hujan rata-rata per tahun hanya 103 mm.

2. Asia
Tempat paling basah di Asia adalah di Mawsynram, India dengan rata-rata curah hujan 11.872 mm per tahun. Tempat terkering dengan curah hujan terendah yaitu di kota Aden, Yaman yang rata-rata per tahun 46 mm.

3. Afrika 
Tempat paling basah di Afrika yaitu kamar mandinya Samuel Eto’o dan kolam ikannya Drogba, hmm yaitu di kota Debundscha, Kamerun yang rata-rata 10.287 mm per tahun. Tempat terkering dengan curah hujan terendah adalah diWadi Haffa, Sudan. Rata-rata 2,5 mm per tahun.

4. Eropa
Tempat paling basah di Eropa dengan curah hujan tertinggi adalah Crkvica, Bosnia Herzegovina. Rata-rata 4.648,2 mm/tahun. Sementara tempat terkering dengan curah hujan terendah adalah di kota Astrahan, Rusia yang rata-rata 162,5 mm/tahun.

5. Amerika Utara
Di Amerika utara, tempat terbasah dengan curah hujan tertinggi adalah di gunung Waialeale, Hawai(11.7684 mm/tahun). Sementara tempat paling kering dengan curah hujan terendah yaitu di Batagues, Mexico (30,5 mm/tahun).

6. Amerika Selatan
Tempat terbasah dengan curah hujan tertinggi adalah di Quibdo, Colombia yang mencapai 8.991 mm/tahun. Sementara tempat terkering dengan curah hujan terendah adalah di Arica, Chile hanya 0,77 mm per tahun.

Sumber: Science Desk Reference. New York Public Library


Tidak ada komentar:

Posting Komentar